Sunday, August 3, 2014

Khasiat dan manfaat daun sirih merah

Tanaman sirih merupakan tanaman khas indonesia yang tumbuh secara merambat.budaya indonesia sendiri telah mengenal daun sirih yang biasa dimakan dengan cara dikunyah bersama dengan gambir,pinang dan kapur,namun saat ini budaya mengunyah tersebut dikaitkan dengan penyakit kangker mulut dan pembentukan sel kangker yang maligna.
Sejak zaman dulu sirih sudah dipercaya untuk kesehatan,dan seiring perkembangan tekhnologi telah dibuktikan bahwa daun sirih terutama sirih merah kaya akan manfaat bagi kesehatan.batang sirih ini berbentuk bulat berwarna hijau keunguan dan tidak memiliki bunga.sedangkan daunnya memiliki permukaan merah mengkilap dan tidak merata dan memiliki bentuk menyerupai hati.
Daun sirih merah memiliki banyak manfaat dibidang kesehatan maupun kecantikan.daun sirih memiliki kandungan minyak terbang( betiephenol),seskuiterpen,pati,diastase,gula dan zat samak dan kavinol yang memiliki daya mematikan kuman,antioksidasi,dan fungisida.
Di jawa sendiri,sirih merah telah dikonsumsi sejak dahulu untuk menyembuhkan berbagai penyakit.selain itu sirih merah juga digunakan untuk obat ambaien,kepurihan dan bisa digunakan untuk obat kumur.karena kandungan alkaloid didalam sirih merah sendiri berfungsi sebagai anti mikroba.
Sirih merah digunakan untuk mengurangi keputihan karena sirih merah berfungsi sebagai antiseptic.caranya dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah,lalu airnya digunakan untuk mencuci organ wanita.Dan khasiat lainnya seperti obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan, maagh, dan masih banyak lagi. Air rebusannya yang mengandung antiseptic digunakan untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan menyembuhkan penyakit keputihan serta bau tak sedap.Untuk mengkonsumsi daun sirih merah ini sangatlah mudah, dengan merebus daun sirih merah ini dan sisakann airnya sampai satu gelas dan kemudian meminumnya secara rutin. Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sirih merah yang sangat membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan pesan,kritik dan saran untuk perbaikan blog ini.