Friday, July 4, 2014

BIOGRAFI KYAI HAJI A WAHID HASYIM

Kiai Haji Abdul Wahid Hasjim atau lebih dikenal dengan A Wahid Hasyim (lahir di Jombang,
JawaTimur,1 Juni 1914– meninggal di Cimahi,Jawa Barat ,19 April1953 pada umur 38 tahun) adalah putra dari kyai besar hadratus syeikh hasyim asy'arie dari jombang,jawa timur.A Wahid Hasyim adalah pahlawan nasional Indonesia dan menteri negara dalam kabinet pertama Indonesia. Beliau merupakan ayah dari presiden indonesia yang ke empat yaitu  Abdurrahman Wahid ( Gus Dur).
Wahid Hasjim dimakamkan di Tebuireng, Jombang.Pada tahun 1953.
pada tanggal 24 Oktober 1943 beliau ditunjuk menjadi Ketua Majelis Syuro Muslimin Indonesia(Masyumi) menggantikan MIAI. Selaku pemimpin Masyumi beliau merintis pembentukan Barisan Hizbullah yang membantu perjuangan umat Islam mewujudkan kemerdekaan.Selain terlibat dalam gerakan politik, tahun 1944 beliau mendirikan SekolahTinggi Islam di Jakarta yang pengasuhannya ditangani oleh KH.A. Kahar Muzakkir. Menjelang kemerdekaan tahun1945 ia menjadi anggota BPUPKI dan PPKI .
Wahid Hasyim dengan segudang pemikiran tentang agama, negara, pendidikan, politik, kemasyarakatan, NU, danpesantren, telahmenjadi lapisan sejarahke-Islaman danke-Indonesiaan yang tidakdapat tergantikanoleh siapapun.
Wahid Hasjim adalah salah satu putra bangsa yang turut mengukir sejarah negeri ini pada masa awal kemerdekaan Republik Indonesia. Wahid Hasyim mengawali kiprah kemasyarakatannya pada usia relatif muda.Setelah menimba ilmu agama ke berbagai pondok pesantren di JawaTimur danMekah, pada usia 21 tahun Wahid membuat “gebrakan”baru dalam dunia pendidikan pada zamannya.Dengan semangat memajukan pesantren, Wahid memadukan pola pengajaran pesantren yang menitikberatkan pada ajaran agama dengan pelajaran ilmu umum.Sistem klasikal diubah menjadi sistem tutorial. Selain pelajaran Bahasa Arab, murid juga diajari Bahasa Inggris dan Belanda. Itulah madrasah nidzamiyah.
Wahid Hasjim meninggal dunia dalam sebuah kecelakaanmobil di Kota Cimahitanggal 19 April
1953 .

No comments:

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan pesan,kritik dan saran untuk perbaikan blog ini.