Thursday, July 3, 2014

Traveler di jombang,dari pemandian sampai candi

Jombang-tak banyak yang tahu tentang tempat wisata di jombang.tapi sedikit kita cari tahu maka kita akan mendapati tempat tempat yang asyik untuk didatangi.mulai dari pemandian bekas gudang senjata sampai candi arimbi yang menjadi saksi bisu kejayaan kerajaan majapahit.
Kecamatan wonosalam di kota jombang menyimpan banyak keindahan alamnya yang berkelas.disana menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menajubkan.
Yang pertama,pemandian alam sumberboto.pemandian ini tak seperti tempat pemandian pada umumnya.sumberboto yang terletak ditengah hutan menyimpan banyak potensi.sumberboto memadukan antara kesejukan air,kesegaran udara pegunungan sampai situs sejarah.
Pada saat zaman perjuangan kemerdekaan,pemandian ini tampak tak terawat.selain berfungsi untuk tempak pemandian,menurut sebagian sumber sejarah tempat ini juga digunakan sebagai basis militer para pejuang kemerdekaan waktu itu.mereka dijuluki pasukan wanara.sumberboto sendiri dulu dikenal sebagai tempat menyimpan  sejumlah materialperang seperti bom,granat tangan,mesiu,dan senjata lainnya.
Material perang ini didapatkan dari hasil rampasan tentara musuh.
Ada sedikit cerita tentang asal usul tugu dengan 2 patung pejuang membawa bambu runcing yang terletak di tengah pemandian.konon ceritanya waktu itu ada 2 pejuang yang sedang merakit bom.tapi sial,bom yang mereka rakit tiba tiba meledak dan menewaskan 2 orang.untuk itulah dibangun sebuah tugu untuk mengenang mereka.
Karena lokasinya yang ada ditengah hutan.menjadikan lokasi ini bagitu sejuk.disini juga terdapat outbound terbuka,dan terdapat lapangan dengan hamparan rumput yang sangat cocok sebagai tempat kemah.
Selanjutnya kita akan mengunjungi lokasi wisata yang ke 2 yaitu candi arimbi.
Candi arimbi sendiri dibangun dari material batu andesit.ini mengingatkan pada candi yang dibangun pada masa kerajaan singosari,seperti candi kidal,jago dan jawi.
Candi peninggalan majapahit biasanya dibangun dari material batu bata merah.tapi bahan pada candi arimbi memiliki kesamaan dengan candi sumberawan,keduanya mempunyai kesamaan yaitu candi peninggalan majapahit yang terbuat dari material batu andesit hitam.
Bedanya candi sumberawan dibangun tanpa anak tangga untuk naik keatas.sedangkan bagian badan hanya berupa hiasan relief yang berujung pada stupa diatasnya.
Candi arimbi sendiri terletak di desa ngrimbi,kecamatan bareng.
Candi arimbi sendiri dibangun untuk merepresentasikan Ratu Tribuanatunggadewi, seorang ratu yang pernah memerintahKerajaanMajapahit dari tahun 1328-1350Masehi.
Candi arimbi dibangun diatas sebuah tanah dataran tinggi yang menghadap kearah timur.
Pada dinding candi terdapat relief yang seakan membawa kita kembali keabad 14 silam.terdapat relief yang menggambarkan keharmonisan antara manusia dengan binatang.dan ada juga relief yang menggambarkan daerah yang sedang merayakan panen.
Candi arimbi sendiri dibangun menghadap ke timur mensejajarkan ke arah gunung arjuno di jawa timur.yang disayangkan,sebagian sisi candi telah runtuh.namun seandainya belum runtuh kemungkinan candi arimbi memiliki kesamaan bentuk dengan candi jawi yang ada di prigen.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan pesan,kritik dan saran untuk perbaikan blog ini.