Tuesday, July 15, 2014

I'am malala

Malala Yousafzai adalah seorang gadis yang lahir 12 juli 1997.ia dilahirkan dari keluarga yang bersuku pusthun,dan menganut agama islam sunni.malala  bercita-cita ingin menjadi seorang dokter,namun ayahnya yang seorang penyair menginginkan malala untuk menjadi seorang politisi.dia seorang siswa sekolah sekaligus aktivis pendidikan dari kota mingora di Distrik Swat dari provinsi PakistanKhyber Pakhtunkhwa . Malala adalah seorang aktivis pendidikan yang memperjuangkan hak perempuan di lembah swat ,dimana disitu tentara taliban melarang perempuan untuk bersekolah.
Malala mulai berbicara di depan publik untuk memperjuangkan hak atas pendidikan pada tahun 2008"Berani-beraninya Taliban merampas hak saya ataspendidikan!" adalah seruan pertamanya didepan televisi danradio.

Pada awal tahun 2009,saat berusia sekitar 12 tahun,malala menulis di blog pribadinya,ia menceritakan dalam isi blognya bahwa betapa mengerikan hidup di bawah pemerintahan taliban.
Padatanggal 9 Oktober 2012, percobaan pembunuhan dilakukan atas malala.ia ditembak di kepala dan leher oleh kelompok bersenjata taliban ketika kembali pulang dengan bus sekolah.
Ia sempat dirawat diPakistan sebelum akhirnya diterbangkan ke inggris untuk dirawat dirumah sakit diBirmingham.
Pasca insiden penembakan,malala semakin gencar menyerukan hak atas pendidikan.pada 12 juli 2013,bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 16,malala berpidato di depan forum majelis kaum muda di markas besar PBB di new york,amerika serikat.dalam isi pidatonya,malala memuat 3 isu penting,yaitu hsk perempuan ,perlawanan terhadap terorisme dan kebodohan.PBB juga mendeklarasikan hari tersebut sebagai hari malala.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan pesan,kritik dan saran untuk perbaikan blog ini.