Thursday, January 22, 2015

inilah alasan kenapa perawat rentan terkena penyakit jantung

diketahui bahwa penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang mudah menyerang pada kelompok pekerja yang menggunakan shift.
dr Eva Schernhammer dari Brigham and Women's Hospital yang meneliti kasus ini menyatakan bahwa shift malam dapat menyebabkan penyakit jantung dan kangker terutama bagi wanita.hal ini dikarenakan pekerjaan shift dapat merusak irama dalam tubuh.
penelitian ini dilakukan kepada 75.000 perawat selama 22 tahun.Penelitian dimulai sejak tahun 1988 hingga tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat yang sudah bekerja di atas 15 tahun dan bekerja shift malam minimal tiga kali dalam sebulan memiliki risiko paling tinggi mengidap kanker dan penyakit jantung.
Dari 75.000 tenaga medis yang berpartisipasi 1.430 di antaranya sudah meninggal dunia.Kematian yang terjadi akibat penyakit kardiovaskular sebanyak 364 kasus dan kanker sebanyak 506 kases. Kanker paru menjadi kanker paling mematikan bagi perawat, dengan 150 orang yang meninggal.
dari riset yang dilakukan oleh dr eva ditemukan bahwa biasanya perawat yang 3 dalam sebulan melakukan shift malam cenderung lebih gemuk dibandingkan perawat yang lainnya.mereka lebih rentan terkena diabetes,tekanan darah tinggi maupun kolesterol tinggi.para perawat yang sering mendapat shift malam terbukti lebih aktif dan bergerak lebih banyak dari pada perawat pada umumnya. Mereka juga diketahui jarang mengonsumsi multivitamin dan obat post-menopause.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan pesan,kritik dan saran untuk perbaikan blog ini.