Saturday, January 31, 2015

kenali fakta diet sebelum anda memulai diet

Bagi wanita berat badan yang meningkat adalah suatu momok tersendiri. Hal ini terjadi hampir pada semua wanita yang tak mau kelihatan gendut. Padahal pada wanita hampir semua siklus yang dialami membuat wanita terlihat gemuk. Seperti saat hamil bisa dipastikan bobot wanita akan bertambah dikarenakan selain bobot bayi yang bertambah di tambah timbunan lemak yang ada di bawah kulit.
Setelah melahirkan wanita akan mengalami siklus menyusui, pada tahap ini para ibu akan memakan banyak makanan yang bisa dipastikan akan menambah berat badannya. Setelah menyusui biasanya para wanita akan melakukan KB, terlebih lagi KB yang bersifat hormonal seperti KB suntik atau KB pil yang kesemuanya itu berpotensial untuk menaikkan berat badan.
Disamping semua siklus tersebut diatas, ada factor lain yang mempengaruhi berat badan pada wanita. Yaitu kebiasaan wanita yang suka ngemil dari pada makan. Padahal yang mereka tak ketahui bahwa ngemil itu akan mempercepat penggemukan badan.
Banyak wanita yang berfikir untuk menguruskan berat badannya dengan bermacam cara, dari yang meminum obat pelangsing sampai melakukan diet yang ekstrim. Tapi itu semua memiliki resiko.jangan pernah mengambil resiko diet yang katanya mampu memangkas berat badan namun berakibat fatal pada kesehatan kita.
Ada beberapa tips dari mas fandi yang bisa dijadikan literature bagi anda untuk melakukan diet yang sehat.
Pertama kenali obat diet yang sehat.
Banyak sekali kita jumpai iklan iklan promosi di media yang menawarkan penurunan badan secara instan dalam waktu yang singkat. Hal ini perlu kita curigai, tidak ada obat diet yang bisa instan kecuali itu adalah penyalahgunaan obat seperti obat diuretik yang fungsi utamanya adalah pengeluaran cairan tubuh yang disalah gunakan untuk menurunkan berat badan. Karena sifat obat ini yang berfungsi mengeluarkan cairan tubuh sehingga bisa dipastikan berat badan akan turun secara singkat. Dampak buruk dari obat ini adalah apabila digunakan dalam jangka waktu tertentu akan membuat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan atau bahkan merusak ginjal. Ciri obat ini adalah apabila kita meminumnya maka kita akan mengalami kencing atau diare yang sering diluar kewajaran maka kita harus curiga bahwa yang kita minum adalah obat diuretic dan bukan obat diet. Obat ini sangat cepat menurunkan berat badan namun apabila kita berhenti mengkonsumsinya maka berat badan kita akan kembali naik juga.
Obat diet yang sehat tidak menimbulkan diare atau kencing terus menerus melainkan obat yang fungsinya membantu pembakaran kalori tubuh.
kedua kenali makanan yang mampu mengurangi berat badan
ada anggapan bahwa diet itu tidak makan, itu adalah paradigma yang salah besar terhadap cara diet. Tubuh kita punya hak untuk mendapatkan nutrisi yang tercukupi. Diet yang sehat adalah terpenuhinya nutrisi tubuh secara optimal namun tidak berlebihan. Pada intinya apa yang dikeluarkan oleh tubuh kita harus seimbang dengan apa yang dikeluarkan oleh tubuh. Apabila aktiitas tubuh kita besar maka besar pula nutrisi yang kita butuhkan dan apabila sedikit aktifitas kita maka sedikit pula yang kita konsumsi.
Makanan yang benar akan membantu kita dalam proses penurunan berat badan.
1.       Kurangi karbohidrat
Karbohidrat pada umumnya akan membentuk energy  yang akan kita pakai. Namun apabila aktifitas kita sedikit dan konsumsi karbohidrat yang tinggi maka bisa dipastikan akan terjadi penumpukan lemak di tubuh. Untuk itu lebih baik kurangi konsumsi karbohidrat.
2.       Perbanyak protein
Protein salah satunya berfungsi meningkatkan metabolism tubuh, hal ini akan membantu untuk pembakaran kalori secara maksimal.
3.       Perbanyak serat
Banyak konsumsi sayur yang mengandung banyak serat akan membantu melancarkan pencernaan. Selain melancarkan pencernaan sayur dapat menyerap racun yang ada pada usus dan membuangnya bersama kotoran sehingga akan mengurangi resiko penyakit yang lain.
Ketiga Kenali olah raga yang sesuai untuk penurunan berat badan
Dalam proses penurunan berat badan olah raga yang benar pun memiliki andil yang tinggi dalam hal keberhasilan. Olah raga yang mampu membakar lemak secara besar akan mempercepat penurunan berat badan.
Lari, bersepeda, lompat tali itu tidak akan banyak membantu dalam penurunan berat badan. Namanya saja olah raga cardio, olah raga tersebut sangat cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Olah raga yang sangat cocok untuk menurunkan berat badan adalah angkat beban.
Kenapa angkat beban?
Karena angkat beban mampu membakar kalori secara besar dan membuat kerusakan otot yang mengakibatkan otot membangun jaringan otot baru yang lebih efisien dalam pembakaran kalori
5 menit angkat beban sama dengan setengah jam olah raga cardio
jadi lebih efisien kan

itulah sedikit tulisan dari artikel mas fandi kali ini semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jangan lupa share agar artikel ini bermanfaat untuk semua.

No comments:

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan pesan,kritik dan saran untuk perbaikan blog ini.